Selasa, 23 Juni 2020

Indahnya Keteladanan dalam Medisiplinkan Siswa

Disiplin menurut KBBI yaitu ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan tata tertib dan sebagainya. Disiplin biasanya diterapkan disemua sektor tak terkecuali dunia pedidikan. Di sekolah terdiri dari komponen guru siswa dan pegawai. Dunia pendidikan akan berhasil jika semua komponen tersebut dengan kesadaran menerapkan kedisiplinan.

Di sekolah, guru  yang bertanggung jawab terhadap pendidikan siswa, baik secara individual maupun klasikal. Maka penting sekali adanya kompetensi yang harus dimiliki guru antara lain kompetensi pedagogik, kognitif, afektif, dan psikomotor. Sehingga diharapkan guru mempunyai wewenang dan kemampuan dalam menjalankan  tugas untuk memberikan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa.

Disiplin akan terbentuk jika anak terbiasa sejak dini. Ia akan melihat dan meniru atau meneladani apa yang ada di lingkungannya. Di lingkungan keluarga anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua. Sedangkan di lingkungan sekolah anak akan meniru apa yang dilihat di sekolah terutama meniru guru. Maka ada istilah Jawa bahwa guru itu digugu lan ditiru. Semua yang diucapkan dan dilakukan guru biasana akan ditiru oleh siswa.

Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, perlu contoh yang nyata dari para guru. Misalkan siswa tingkat rendah yaitu TK atau SD ia akan selalu mengikuti apa yang dilakukan dan diucapkan guru. Ketika mengerjakan soal di rumahpun, biasanya ia akan meniru cara mengerjakan yang diperoleh dari gurunya, meskipun banyak cara untuk menyelesaikan soal tersebut.  Berikut beberapa kedisiplinan guru yang biasannya diteladani siswa;

1.  Disiplin dalam beribadah, pendidikan agama sangat penting mengingat ditengah perkembangan zaman yang semakin pesat dengan hedonisme. Maka pentinglah adanya keteladanan untuk siswa dalam beribadah dan menjalankan nilai-nilai keagamaan.

2.  Hadir ke sekolah dan masuk kelas tepat waktu. Jika guru masuk ke sekolah atau kelas tepat waktu maka siswa akan mengikutinya sehingga pembelajaran di kelas akan kondusif dan berjalan lancar.

3.  Berpakaian sesuai ketentuan sekolah. Berpakaian harus rapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Siswa biasanya menilai guru itu pertama dari penampilannya terutama pakaian yang dikenakan guru. Dalam istilah Jawa  bahwa ajining diri soko lathi, ajining rogo gumantung soko busana. Harga diri sesorang dari lidahnya dan harga diri badan dari pakaiannya.

Demikian bebarapa kedisiplinan yang harus dilakukan seorang guru sehingga bisa diteladani siswa. Kedisiplinan merupakan syarat untuk mencapai kesuksesan. Dalam dunia pendidikan kedisiplinan  sangat penting. Dengan  kedisiplin akan tercipta generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas , aktif, inovatif dan mandiri. ***

*disiplin mulai dari diri sendiri*

*by esti sukapsih*

 


10 komentar:

  1. Siap ibu.. dimulai dari diri sendiri ya..

    BalasHapus
  2. Disipilin modal penting dalam hidup.

    Klik
    penamrbams.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mr.Bams, penulis penuh inspiratif...

      Hapus
  3. betul... utamanya keteladanan

    BalasHapus
  4. Mantul Bu e...pentingnya keteladanan utk siswa...guru, digugu kan ditiru...

    BalasHapus
  5. Terimaksih Bapak, sudah berkunjung...

    BalasHapus
  6. Mantul ibu...Disiplin adalah modal kesuksesan. Smg kmi guru bisa jd teladannya para peserta didik🙏

    BalasHapus