Sabtu, 27 Juni 2020

Resume pelatihan menulis ke 10. Tantangan Membuat Tulisan dengan Judul yang Menarik




Pelatihan menulis kali ini Senin 22 Juni 2020 menghadirkan narasumber terkenal yaitu Bapak Agus Sampurno. Ia adalah seorang penggiat literasi dan seorang motivator yang handal.

Bapak Agus Sampurno memberi  tantangan kepada peserta pelatihan yaitu menulis  opini secara menarik. Tiap peserta harus menulis opini dengan memilih salah satu judul berikut:

a.       Tiga manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis,

b.      Tiga cara guru tetap optimis di masa new normal,

c.       Tiga salah paham guru mengenai kegiatan penelitian,

d.      Tiga cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan,

e.       Tiga resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas.

Adapun ketentuan tulisan  terdiri dari 150-300 kata. Untuk memudahkan membuat judul, Bapak Agus  Sampurno memberikan pilihan  kata kunci sebagai berikut:

 a.Resep sukses

 b.Cara mudah

 c.Tips

 d.Manfaat

Menurut Bapak Agus  Sampurno, judul  sangat penting karena sebagai  gambaran umum isi dari suatu tulisan. Judul  juga dapat mempengaruhi daya tarik pembaca untuk menyelami isi hasil karya tersebut.

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa sebagai seorang penulis kita harus belajar dengan tekun terhadap hal-hal yang kita sukai, kita tidak perlu ahli, tapi menuliskannya harus, dan pentingnya personal branding . Karena dengan personal branding, kita akan dikenal karena hal yang menjadi fokus kita.

Demikian resume pelatihan menulis ke 10, bahwa pentingnya membuat judul yang menarik dapat menggambarkan isi tulisan kita.  Sehingga tulisan kita dapat apresiatif dan  bermanfaat untuk orang lain.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar