Senin, 01 Juni 2020

Sepenggal Kisah Kesuksesan Sang Blogger

Siapa yang tidak kenal dengan blogger yang ternama. Dia adalah Wijaya Kusumah yang lebih dikenal dengan Om Jay. Dia sudah lama malang melintang di dunia tulis menulis. Pahit getir sudah dia rasakan. Dari menulis di blog dia telah melahirkan empat buku yang laris manis di pasaran. Buku-buku tersebut  yaitu catatan Harian Seorang Guru Blogger, Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa, Blogger Ternama, dan Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi.

Banyak cerita yang menginspiratif diungkapkan Om Jay meskipun hanya lewat WaG dalam pelatihan menulis. Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger diterbitkan dalam waktu enam bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat  teliti oleh  editor meskipun belum pernah bertatap muka. Mereka berkomunikasi hanya lewat wa saja. Isi buku tersebut berasal dari kisah nyata Om Jay.

Buku Melejitkan Keterampilan menulis Siswa diterbitkan hanya dalam waktu tiga bulan. Buku ini merupakan hasil Penelitian Tindakan kelas (PTK) dan membuat Om Jay lolos masuk final lomba karya inovasi pembelajaran  tingkat nasional. Berkat laporan PTK  telah terbitlah buku ini ber-ISBN yang diminati banyak orang sehingga bisa mendapatkan berbagai hadiah.

Buku Blogger Ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama enam bulan. Buku ini juga menceritakan kisah nyata Om Jay menulis di blog dan menjadi blogger ternama. Kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa.

Buku Menulislah Setiap Hari merupakan buku yang diterbitkan pertama kali di penerbit mayor. Perlu kerja keras dan tak kenal putus asa Om Jay untuk bisa menerbitkan buku tersebut. Akhirnya tiga tahun kemudian terbitlah buku tersebut dan laku keras di pasaran.

Dengan kesabaran dan ketekunan Om Jay menulis di blog akhirnya bisa terbit beberapa buku tersebut dan dapat memetik hasilnya. Antara lain dia dapat kuliah singkat di China University of Mining Technology atau Cumt  dengan uang pesangon yang begitu banyak. Bisa beli rumah baru, bisa jalan-jalan ke Singapura dan keliling Indonesia.  Selain itu, bisa sampai diundang makan bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Pesan Om Jay, buku bisa terbit berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editing. Jadi menulis buku itu bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja. Oleh karena, itu mulailah menulis. Menulis di blog dengan tulisan yang menarik dan inspiratif akan mendapatkan apresiatif. ***

 


8 komentar: