Sabtu, 13 Juni 2020

Mengenal Lebih Dekat dengan Blogger Indonesia Mr Bams

Mr Bams,  siapa yang tidak kenal dengan sosok ternama yang sudah wira-wiri di dunia blogger dan pegiat literasi? Nama lengkapnya yaitu Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Ia bekerja di SMP Taruna Bakti sejak  tahun 2008. Ia juga seorang guru kelas online dan offline, seorang blogger senior dari Bandung, pendongeng, pegiat literasi ( Ketua TBM Lebakwangi).

Mr Bams senang dengan dunia tulis menulis, maka sejak tahun 2003 ia aktif menjadi pendongeng. Menurutnya sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 ia membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, maka sekeluargapun memutuskan untuk pindah agak jauh dari Taman Baca.

Mr Bams juga memiliki label sosok pegiat literasi. Sejak tahun 2011 ia sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren. Di sekolah pun telah ia tanamkan kegiatan literasi selama 15 menit meskipun dulu belum  ada program Gerakan Literasi Sekolah.

Prestasi yang diraih Mr Bams yaitu pada tahun 2019 mampu mengentarkan SMP Taruna Bakti mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit, mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Tahun 2019 pun ia  mengikuti ajang Guru Inspiratif  Een Sukaesih 2019, masuk enam besar dan mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur

Mr Bams memasuki dunia Blogger

Mengapa Mr Bams memasuki dunia blogger?  Baiklah ada beberapa tujuan mengapa ia  membuat Blog yaitu karena ia malu sebagai guru TIK tidak punya blog. Selain itu, ia juga malu sebagai penggiat literasi tidak punya blog. “Ada hal lagi yaitu berbagi pengalaman, menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat), dan  menghasilkan rupiah juga tujuan saya memasuki duni blogger,” jelas Mr Bams lewat WAG ketika pelatihan menulis, Jumat 12 Juni 2020

Menurut Mr Bams blog itu  bisa berisi tulisan  yang disukai, seperti cerpen atau puisi. Selain itu, bisa juga sesuatu  yang bisa membantu orang lain, misal  sebuah blog untuk mendukung kegiatan. Seperti apa yang ia lakukan bersama Omjay saat ini yaitu membuat  daftar hadir sekaligus rekap di penamrbams.id. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA. Berkah wabah Covid-19 ia memberanikan diri untuk buka kelas blog yang diinspirasi oleh Om Jay Dan Kan Enco. Ia mengelola kelas online dengan cepat membuka tiga kelas blog.

Pesan  Mr Bams sebagai blogger yaitu  harus melakukan  apa yang mau dan bisa kita lakukan. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa. “ Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun, “ tuturnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi, tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan. ***

 

                        *resume by esti sukapsih*

 

 


9 komentar: