Minggu, 21 Juni 2020

Mengenal Ragam Karya Tulis Nonfiksi


Pembelajaran menulis bersama Om Jay ke 9, hari Jumat 19 Juni 2020 kali ini mengenai  Ragam Karya Tulis Nonfiksi. Sebagai narasumber yaitu  Ibu Siska Distiana. Ia seorang ibu rumah tangga sekaligus sebagai penulis buku (content writer) serta  Freelance editor  yang  lahir di Klaten, 12 Desember 1985.

Menurut Ibu Siska, menulis sangat penting karena dalam Agama Islam disebutkan bahwa menulis itu adalah dalam rangka menguatkan atau mengikat ilmu pengetahuan dengan sebuah tulisan “Qayyidul Ilma bil kitabi”. Tulisan itu merupakan “knowledge management” pengelolaan pengetahuan dan ini sangat mahal sekali dalam sebuah perusahaaan.  Selain itu, tulisan menjadi jejak abadi yang pernah kita lakukan dan tulisan menjadi bukti otentik. Dan yang terakhir menulis merupakan hak paten bagi penulis. Ketika seseorang mengakui sebuah gagasan atau ide dan itu adalah gagasan atau ide maka kita bisa mengklaim hak patent kita, demikian yang disampaikan oleh Ibu Siska Distiana.

Dalam KBBI, non fiksi artinya berdasarkan fakta dan kenyataan yang terjadi bukan hayalan belaka. Berdasarkan karya yang dibuat,  penulis bertanggungjawab penuh atas akurasi dan informasi yang disampaikan oleh penulis. Dalam hal ini, karya nonfiksi harus ada data nyata yang mendukung atau referensi yang menguatkan.

Menurut ibu Siska, bentuk  karya nonfiksi itu banyak sekali,  tetapi pada pembelajaran menulis kali ini menjelaskan ragam karya nonfiksi yang cepat dan mudah dibuat atau ditulis, antara lain berita, esai, catatan perjalanan (travelling), artikel informatif, dan best practice.

Berita.

Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat. Biasanya berita ini, diliput dan dimuat dalam harian berita sebuah surat kabar cetak atau online. Dalam membuat berita tersebut, seorang penulis menggunakan dua teknik, yaitu Hard News artinya penulis membuatnya dengan lugas, singkat, to the point atau tidak bertele-tele sehingga pembaca mengetahui secara langsung apa isi berita yang ditulis oleh penulis.

Teknik yang kedua adalah feature. Artinya beritanya kreatif, menghibur, gaya bahasanya bercerita sehingga ketika membuat feature ini seseorang menggunakan bahasa-bahasa seni dan menghibur pembacanya.

Esai

Esai adalah karangan prosa tentang sebuah masalah sepintas yang dibuat berdasarkan sudut pandang penulis dan sering disebut juga dengan opini. Ibu Siska memberikan contoh esai yang pernah dibuatnya di kompasiana dan ternyata sempat hotline artinya banyak yang kunjungi yaitu tentang mengambil hikmah dari sebuah film India dari sudut penulis. Ketika mau menulis esai, kita tentukan dulu topik apa yang mau kita tanggapi. Kemudian uraikan tanggapan kita seperti apa. Terakhir cari referensi yang terkait jika diperlukan.

Catatan Perjalanan / Traveling

Catatan perjalanan juga merupakan salah satu karya nonfiksi, yaitu catatan sebuah perjalanan ke sebuah daerah dan apa saja yang ditemui dalam perjalanan baik budaya daerah, kuliner khas daerah tersebut maupun hal-hal lainnya seperti keunikan daerah tersebut. Catatan perjalanan ini juga pernah penulis bikin ketika berlibur bersama keluarga.

Hal ini sesungguhnya sangat mudah bagi penulis untuk menulisnya apalagi saat ini lewat smarphone atau gadget kita sebagai blogger sangat mudah untuk mencatat dengan dilengkapi dengan foto-foto pendukungnya.

Artikel Informatif

Maksud artikel informatif adalah tulisan tentang sebuah informasi dan biasanya murni informasi yang berisi tentang suatu hal dengan tujuan menambah pengatahuan pembaca. Dalam bahasa populer sering juga disebut dengan “artikel feature“.

Best Practice

Best Practice adalah tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah. Bagi seorang guru hal ini bisa dibuat, misalnya pengalaman tentang penerapan sebuah media pembelajaran di beberapa kelas atau sekolah dan juga seperti penerapan lesson study dan lain-lainnya.

Jadi, karya tulis ragam nonfiksi membutuhkan data yang akurat dan  kecerdikan penulis dalam melihat suatu fenomena yang ada.

 

Semangat berkarya ,

Salam literasi, berkreasi penuh inspirasi.***

 

                        *resume by esti sukapsih*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar