Rabu, 29 Juli 2020

Cara Sukses Mengubah PTK Jadi Buku


Pelatihan menulis bersama Om Jay ke 23 Rabu, 22 Juli 2020 membahas bagaimana

Menurut Lukman, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang wajib dilakukan setiap guru jika ingin naik pangkat. Sesuai dengan Permen PAN dan RB nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya. Peningkatan karir penjabarannya tertuang di Buku 4. Akan tetapi, pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak guru yang belum tahu cara membuat PTK sehingga masih banyak guru yang yang belum bergerak untuk menyusun PTK sendiri.

Lukman selalu

Tujuan dari pendampingan adalah peserta diklat dapat menyusun PTK mulai dari jenjang SD, SMP, SMK / SMK. Hasil yang diharapkan dari pendampingan akan menghasilkan produk terdiri dari


PTK dijadikan Buku

Di dalam Buku 4 PKB telah dijelaskan PTK dan angka kreditnya. Proposal PTK yang ideal meliputi:

a.    latar Belakang masalah

b.    identifikasi masalah dan judul

c.    sistematika Penulisan PTK

d.     alah, tujuan, manfaat

e.    teknik mencari bahan kajian materi

f.     metodologi penelitiam

Menerbitkan sebuah buku minimal memiliki 80-100 halaman. Adapun teknik mengubah PTK jadi buku antara lain;

a.      mengubah bahasa yang digunakan agar luwes, tidak kaku dan mudah dipahami

b.      menghindari

c.   bab-bab yang dikembangkan dipertajam dengan ditambahkan tinjauan teori. Penambahan kajian teori serta pembahasan tentang peningkatan manfaat buku referensi. Hal ini dapat dilakukan dengan model amati, tiru, dan modifikasi dari beberapa referensi.

d.  pada bagian awal bab IV (Hasil dan Pembahasan) berilah penjelasan tentang uraian dalam bab sebagaimana dituliskan dalam laporan PTK.

e.      Bab III (Metode) tidak digunakan tetapi Bab III sebagai pengantar kompilasi untuk memulai membahas bab IV

f.      bab penutup, tidak berisi kesimpulan dan saran lagi tapi berisi tindak lanjut yang dilakukan oleh peneliti (tindak lanjut).

g.     sedapat mungkin mengurangi uraian yang menampilkan data mentah dan nama responden seperti daftar nilai siswa melengkapi nama siswanya. Jika ingin menampilkan data bisa di bagian isi, tetapi dibuat tabulasi.

h.  sertakan foto-foto pelaksanaan pembelajaran yang mendukung proses pelaksanaan agar mendukung sintaks pembelajaran.

i.        daftar pustaka harus ditambahkan pustaka baru yang menjadi sumber naskah tambahan.

j.    kelengkapan naskah agar dapat diterbitkan ber-ISBN: judul, kata pengantar, daftar isi, bab isi buku, profil penulis, sinopsis, sampul belakang. Sampul belakang terdiri dari resume singkat yang menarik yang mengundang pembaca untuk membaca dan membeli buku.

Pengembangan diri dengan menulis PTK sangat penting bagi guru terutama untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Selain itu, juga bisa untuk meningkatkan profesional guru dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan. ***

*by esti sukapsih*

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar