Senin, 13 Juli 2020

Ekosistem Penerbitan Buku


Pelatihan menulis bersama Om Jay ke 17, Rabu 8 Juli 2020 mengupas Proses Menerbitkan Buku Ajar. Sebagai narasumber Joko Irawan Mumpuni. Beliau adalah sebagai Direktur Penerbit Andi Offset Yogyakarta, Ketua I IKAPI DIY, Penulis buku bersertifikasi BNSP, dan Asesor BNSP

Guru sebagai Akademisi

Guru sebagai praktisi akademisi tentu menulis merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan. Tujuan menulis bagi akademisi  yaitu,

1.         Orientasi pada profit, ingin mendapatkan royalti yang banyak.

2.         Nirlaba (CSR/Pengabdian) hidup itu harus mengabdi, berbakti.

3.         Branding untuk promosi penulis.

4.         Memenuhi regulasi akreditasi, menulis untuk memenuhi ambisi kenaikan pangkat.

Terkait dengan tulis menulis, guru pasti pernah membuat tulisan seperti membuat laporan atau tugas akhir. Akan tetapi mengapa sampai saat ini dunia tuls menulis guru tidak berkembang?  disebabkan adanya rasa malas untuk membuat tulisan

Ekosistem industri Buku

Ekosistem industri buku, penerbit itu perusahaan yang mencari keuntungan. Tidak mungkin menerbitkan buku jika tidak mendatangkan keuntungan. Jadi penerbit adalah lembaga nirlaba untuk mencari keuntungan.

Ekosistem Penerbitan terdiri dari penerbit, penyalur, penulis, dan pembaca (pasar atau pembeli). Adapun sebagai pelaku industri yaitu penerbit, penyalur, dan penulis.

Penghambat pertumbuhan Industri Penerbitan

Penghambat pertumbuhan Industri Penerbitan di Indonesia disebabkan,

1.       minat baca : budaya baca, kurangnya bahan bacaan ,kualitas bacaan

2.        minat tulis: budaya tulis, tidak tahu prosedur penulisan dan penerbitan, anggapan yang salah  tentang penulisan dan penerbitan

3.       apresiasi hak cipta: kurangnya penghargaan terhadap hak cipta menyebabkan pembajakan, duplikasi non legal, perangkat hukum.

Proses naskah menjadi buku:

1. Penulis mengirimkan naskah ke penerbit lalu dinilai atau direview untuk dievaluasi buku tersebut laku atau tidak di pasaran.

2. Bila ditrima penulis diminta soft copy kemudian membuat perjanjian lalu ada proses editing, setting, dan  proses cetak.

3. Judul itu diusulkan oleh penulis lalu dimodifikasi oleh penerbit. Selain itu,  cover dan sinopsis dibuat oleh penerbit agar terlihat komersial.

4. Sebelum dicetak, penerbit mengirimkan naskah ke penulis untuk menyamakan persepsi dan koreksi ulang buku tersebut.

Ciri-ciri penerbit yang baik adalah:

a. memiliki visi dan misi yng jelas

b. memiliki bussines core lini produk tertentu

c. pengalaman penerbit

d. jaringan pemasaran

e. meniliki percetakan sendiri

f. keberanian mencetak jumlah eksemplar

g. kejujuran dalam pembayaran royalti

Jenis Penulis

jenis penulis meliputi:

1. penulis idealis: penulis yang tidak butuh uang

2. penulis industrialis: penulis yang membutuhkan uang

3. penulis perpaduan idealis industrialis penulis bermutu dan menguntungkan

Penulis akan memperoleh :

1.       Peningkatan finansial;  secara finansial keuangan kita akan meningkat dari royalti, diskon pembelian langsung ataupun dari seminar / mengajar.

2.       Peningkatan karie, rjika kita punya karya maka peningkatan status  akan berkembang secara pesa.

3.        kepuasan batin kita sebagai penulis yang mempunyai karya yang dikenang sepanjang masa.

4.        reputasi, karya yang terpublikasi akan meningkatkan reputasi peneliti atau penulisnya

Suatu produk atau karya buku kita melalui sistem penilaian oleh penerbit yang meliputi:

1.. editorial  mempunya bobot 10%

2. peluang potensi pasar mempunyai bobot 50%

3. keilmuan mempunyai bobot 30%

4. reputasi penulis mempunyai bobot 10%

Kriteria naskah untuk dapat diterbitkan :

1. tema tidak populer ditulis oleh  penulis populer tentu diterbitkan dengan nilai jual reputasi penulis

2. tema populer walau penulis  populer diterbitkan karena yakin punya nilai jual

3. tema populer ditulis oleh penulis tak populer diterbitkan karena menjual tema

Sebaliknya naskah yang tidak diterbitkan adalah penulis yang tidak populer dan menulis tema tidak populer.

Kwadran Kategori Naskah dasar penentuan oplah meliputi:

1.       market sempit dan lifecycle panjang

2.        market lebar dan lifecycle panjang

3.       market lebar dan lifecycle pendek

4.       market sempit dan lifecycle pendek

Kwadran Kategori Penulis pengaruh produktivitas dan kualitas meliputi:

1. tidak idealis tetapi industrialis

2. idealis dan industrialis

3. idealis tetapi tidak industrialis

4. tidak idealis dan tidak industrialis

Level materi dan lebar pasar terbagi menjadi :

1. advance yaitu jumlah konsumen sedikit dan penulisnyaa juga sedikit

2. intermediate yaitu jumlah konsumen sedang dan jumlah penulis juga sedang

3. beginner yaitu jumlah konsumen besar dan penulis juga besar.

Konsistensi gaya selingkung

Penerbit dapat menerapkan lebih dari satu cara pengutipan dan penulisan daftar pustaka sesuai dengan lingkup bidang penerbitanya dan cara pengutipan da penulisan daftar pustaka harus diterapkan secara konsisten untuk setiap terbitan.

Jadi, hubungan antara penerbit, penyalur, penulis, dan pembaca merupakan ekosistem yang saling ketergantungan dan saling menguntungkan sehingga perlu dijaga dengan baik eksistensinya. ***

 

                *resume by esti sukapsih*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar