Rabu, 22 Juli 2020

MENUMBUHKAN MINDSET MENULIS


Pelatihan menulis bersama OmJay ke 21, Jumat 17 Juli 2020 menghadirkan seorang trainer ternama Amir Faisal, Business Inspirator Trainer.

Sosok Narasumber

Amir Faisal merupakan seorang Business Inspirator Trainer International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.

Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dll

Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007), Konsultan Marketing Media (2007).

Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari pejabat pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, dosen,  guru, wakil rakyat, pimpinan lembaga hingga para mahasiswa.

Bagaimana mengubah krisis jadi peluang

Terdapat tiga jenis manusia menghadapi krisis :

1.    Menyalahkan pihak lain yang membuat dirinya yang sudah bernasib buruk menjadi tambah sengsara.

2.    Sekedar menyesuaikan diri dengan keadaan, dan bersikap menunggu serta berharap krisis segera lewat.

3.    Krisis adalah peluang atau kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri, bahwa diri kita bisa berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat.

Jika pilihan Anda adalah nomor 3, bersiap-siaplah untuk mendapatkan miracle dalam hidup ini. Akan tetapi, tidak sekedar asal bekerja atau berbuat.Terdapat lima syarat yang jika Anda penuhi, Anda akan menjadi orang yang paling dicari (MOST WANTED) dan diperebutkan oleh lembaga sosial atau ormas apapun yang memiliki visi besar

Kiat menembus penerbit nasional

Hal utama yaitu harus mempunyai mindset yang baik tentang menulis. Dari dunia apapun kita bisa menjadi penulis dan menjadi personal branding tulisan kita. Kita bisa menjadi penulis. Menulislah hal yang kita kuasai dan sederhana. Tulisan yang dapat diterbitkan  yaitu tulisan yang disukai oleh pasar.

Menghilangkan Rasa Tidak Pede Menulis

Menumbuhkan mindset menulis. Menulis itu tidak boleh terkungkung oleh hal-hal yang mengunci. Akan  tetapi, dalam menulis kita harus bebas atau istilahnya free wrting. Kita bebas mengekspresikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan secara luas jangan terkotak-kotak.

Dalam menulis  kita harus percaya diri bahwa tulisan kita adalah hasil pemikiran terbaik kita yang disertai dengan fakta-fakta yang aktual.

Trik menulis agar tidak terkotak-kotak yaitu:

1. Kita menulis kejelekan orang lain.

2. Kita menulis kebaikan orang lain.

3. Kita menulis impian kita.

Trik kita mengasah otak.

a. membiasakan menulis

b. membuat diri menjadi ketagihan menulis.

c. menggali kemampuan diri

Anggaplah menulis itu mudah maka kita akan bisa menulis secara lancar. Satu kunci dalam menulis adalah bahwa dalam menulis itu tidak ada istilah salah atau jelek.

Menulis Buku Semudah Chatting

Sebelum kita mensugesti pembaca maka kita harus mensugesti diri sendiri dulu agar kita mempunyai rasa percaya diri. Kita harus membiasakan diri untuk mengungkapkan perasaan dan semua unek-unek melalui tulisan setiap hari. Menulis itu merupakan sebuah pengakuan diri terhadap suatu hal. Menulis itu merupakan sebuah karya yang holistik seluruh perasaan. Sebuah tulisan bisa menghipnosis pembaca kalau kita melibatkan seluruh unsur perasaan. Manfaat banyak membaca dalam menulis adalah:

1.    Memperkaya kosa kata

2.    Memperkaya khasanah

3.    Menulis itu holistic

4.    menulis itu tidak ada aturannya.

Kita harus menganggap bahwa menulis itu mudah agar kita bisa menuangkan ide yang terdapat di kepala ke dalam bentuk tulisan. Setelah ide kita tertuang dalam bentuk tulisan maka kita tumbuhkan kepercayaan diri dalam kemampuan yang kita miliki.

Sugesti

Menulis merupakan terapi batin. Kita sebagai penulis mau memasukan pikiran kita dalam bentuk tulisan  ke pikiran orang. Ketika tulisan kita masuk ke pikiran mereka maka diperlukan strategi untuk menghipnosis pikiran mereka. Syarat tulisan bisa masuk ke pikiran orang lain adalah tulisan harus sesuai pikiran mereka sendiri dan tidak menggunakan filter. Sedangkan Isu yang tidak akan mendapatkan filter yaitu aktual, pengalaman pribadi yang unik, perkenalkan ilmu baru menurut pembaca, dan  menggunakan sudut pandang baru.

Pentingnya menumbuhkan maind  set menulis agar kita menjadi aktif dan kreatif. Jika sudah terbentuk maka menulis akan menjadikan suatu kebiasaan bahkan keharusan. ***

 

            *esti sukapsih*

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar