Sabtu, 04 Juli 2020

Tips Mengelola Sekolah di Era Covid 19


Berfikir cepat dan tepat sangat dibutuhkan di masa darurat covid-19 ini. Tak terkecuali pengelolaan sekolah guna mewujudkan asa orang tua dan siswa mencapai hasil pendidikan maksimal. Pola asuh dan perhatian terhadap anak, akan menciptakan karakter yang bisa membentuk sikap dan sifat bagi anak. Lalu bagaimana cara mengelola sekolah di era covid 19? Berikut ini paparan Dra Betti Risnalenni M.M. pendiri KB-TK dan SD Insan Kamil Bekasi lewat WAG pelatihan menulis bersama Omjay ke 13, Senin 29 Juni 2020.

Profil Dra Betty Risnalenni, M.M.

Dra. Betti Risnalenni, M.M seorang alumni IKIP Jakarta. Betti memulai mendirikan  sekolah tahun 2003. Ia sekarang mengelola sekolah jenjang KB - TK dan SD. Banyak prestasi yang melekat padanya antara lain juara guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat Jawa Barat.

Motivasi Betti  mendirikan sekolah yaitu ingin anak yang mempunyai perekonomian rendah bisa bersekolah di tempat yang bagus. Ia membebaskan uang sekolah bagi anak yatim dan tidak mampu.  Adapun kendala yang dihadapi Betty ketika mendirikan KB-TK dan SD yaitu sulit mencari tenaga pengajar, sulit memberikan pemahaman ke masyarakat tentang Kelompok Bermain (KB ), dan pembiayaan rendah.

Untuk menghadapi kendala tersebut, Betty mengadakan parenting yang menghadirkan orang tua dan mengadakan berbagai macam perlombaan untuk anak-anak. Manfaat yang diperolah dari membuat sekolah bukan hanya untung secara finansial keuangan tapi juga mempunya banyak teman dan semakin bertambah pengetahuan.

Bagaimana mengelola sekolah selama era covid 19

Selama pandemi covid 19,  Betti melakukan pembelajaran dengan cara daring. Materi yang diberikan tidak hanya pelajaran saja tapi juga penugasan kegiatan rumah ( life skill dan karakter ). Selain itu, untuk menarik minat belajar siswa, Betty memberi tugas belajar   melalui publikasi instagram.  Jadi, siswa merasa senang belajar ditengah pandemi covid 19.

Banyak permasalah yang dihadapi orang tua selama pembelajaran di rumah. Antara lain, anak keranjingan main HP.  Untuk mengurai masalah tersebut, menurut Betty  perlu adanya kerjasama guru dan orang tua. Anak usia TK dan SD lebih memperhatikan apa yang diucapkan guru, maka guru harus membantu menasihati anak bahwa hp itu digunakan sebagai alat  komunikasi  dan boleh digunakan untuk bermain game  dengan waktu yang ditentukan.

Tips mengelola sekolah ala Betty yaitu,

1.   Membangun kesolidan   tingkat internal sekolah,

2.    Manajemen pembayaran sekolah satu pintu .

3.  Membangun kewirausahaan

3.  Program unggulan sekolah yaitu hafalan juz 30, hadist,  dan surat-surat pendek, 

Sungguh mulia hati Bu Betty dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membangun tempat pendidikan  KB-TK dan SD Insan Kamil yang bermutu, unggul dan selalu mengedepankan akhlak mulia bagi anak didiknya. Itulah sosok nyata seorang ibu yang selalu peduli terhadap pendidikan anak Indonesia yang tak kenal putus asa.  Semoga Bu Betty sehat selalu.***

*resume by esti sukapsih*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar